Teknik Vokal
Scream dan Hip Suara atau yang akrab kita sebut dengan vokal, dalam bermain
musik atau band sangantlah penting, karena vokal di tempatka
Suara atau yang akrab
kita sebut dengan vokal, dalam bermain musik atau band sangantlah penting,
karena vokal di tempatkan sebagai objek yang pundamental dalam bermusik, diblog
saya kali ini membahas atau share maslah bagaimana karakter vokal scream atau
chord dan growl itu kita bisa lebih mahir dalam memainkanya dan prepisional
easy and menjadi masternya rocker. Dan sebenarnya berlatih memainkan karakter
vokal ini sangatlah susah dan membutuhkan kewaspadaan dalam berlatihnya, karena
bagaimanapun karakter vokal scream ini mengandalkan dari kerongkongkan
tenggorokan yang setiapkali dalam perbait atau kata kita harus mengeluarkan
suara itu, saya memakai cara secara userfriendly saja, yang bisa kita lakukan
pada kegiatan sehari-hari baik di rumah atau di tempat yang sepi, yang
setidaknya jauh dari keramaian orang untk melatihnya, karena vokal scream
seperti yang anda sudah ketahui memiliki karakter hardvoice, setidaknya kita bisa
menjaga situasi yang ada pada lingkungan, gunakan lingkungan sebagai wadah kamu
konser band yang ramah dan dan penuh energy.
Karakter vokal scream ini ada
yang menggunakan teknik vibrato (suara getar) yg paling penting,
untuk vocal ini apa cukup dengan hanya menaik-turunkan pitch nada , berlatih
dari nada yang pelan-pelan tetapi tidak mengurangi karakter Scream yang ada
meskipun pelan-pelan hingga jadi cepat secara otomatis bergetarnya,
Hirup udara sediktit demi sedikit dengan teknik scream
ada lagi sih teknik2 vibra lain yg gua prnah dgr, sperti misalnya: katanya dengan "permainan nafas" ?
ato ada lagi, katanya dengan "permainan lidah & gerak mulut" ?
bahkan katanya banyak yg "malsuin vibra" di pop/rock ya? ...
ada lagi sih teknik2 vibra lain yg gua prnah dgr, sperti misalnya: katanya dengan "permainan nafas" ?
ato ada lagi, katanya dengan "permainan lidah & gerak mulut" ?
bahkan katanya banyak yg "malsuin vibra" di pop/rock ya? ...
Cara Alternatif untuk memperindah suara Scream diantaranya dengan ramuan
:
- Jangan merokok
- minum air embun yang sudah di simpan untuk beberapa hari disimpan dan minum di pagi hari
- minum serat jeruk
- air serbat, atau wedang asem
- mimi wedang bandrek (jahe)
Cara natural:
1. Sering berlatih Suara band cadas
(scream) min 2jam
2. Atur pernafasan untuk keluar masukan
8jam dalam 1hr
Dah itu dulu selanjutnya di posting beriktnya yc…
Tapi
sebelum kelar nie ada Teknik musik dulu..:
UNSUR-UNSUR
TEKNIK VOCAL :
- Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
- Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan
di bagi tiga jenis, yaitu :
Pernafasan
Dada: cocok untuk nada-nada rendah,
penyanyi mudah lelah.
Pernafasan
Perut: udara cepat habis, kurang
cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
Pernafasan
Diafragma: adalah pernafasan yang paling
cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur
pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
- Phrasering adalah : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
- Sikap Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
- Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
- Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
- Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
- Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Syarat-syarat
terbentuknya Intonasi yang baik :
Pendengaran
yang baik
Kontrol
pernafasan
Rasa
musical.
NADA adalah bunyi
yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
SIFAT
NADA ADA 4 (EMPAT) :
- FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
- DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
- INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
- TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS
SUARA adalah luas wilayah nada yang
mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi
professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai
yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.
SUARA MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :
- Suara Wanita Dewasa ;
Sopran (suara tinggi
wanita)
Messo Sopran (suara
sedang wanita)
Alto (suara rendah
wanita)
- Suara Pria Dewasa :
Tenor (suara tinggi pria)
Bariton (suara sedang
pria)
Bas (suara rendah pria)
- Suara Anak-anak :
Tinggi
Rendah.
TANGGA NADA DIATONIS adalah rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyai
susunan tinggi nada yang teratur.
Tangga
Nada Diatonis Mayor adalah Tangga Nada yang
mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri
tangga nada Diatonis Mayor :
- Bersifat riang gembira
- Bersemangat
- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
- Mempunyai pola interval : 1 , 1 ,. ½, 1 , 1 , 1, ½
Ciri-ciri
Tangga nada Diatonis Minor :
- Kurang bersemangat.
- Bersifat sedih
- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
- Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1 .
Catatan : Teori ini kurang sesuai dengan musik Dangdut
yang banyak berkembang di Indonesia.
Contoh
Lagu yang bertangga nada Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia
Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, Mars
Pelajar.
Contoh
Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Tuhan, Gugur
Bunga.
TANGGA
NADA KROMATIS adalah tangga nada yang
mempunyai jarak antar nadanya hanya ½ . Contoh : C – Cis – D – Dis- E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B
TANGGA
NADA ENHARMNONIS adalah rangkaian tangga nada
yang mempunyai nama dan letak yang berbeda, tetapi mempunyai tinggi nada yang
sama.
Contoh : Nada Ais-Bes, Cis-Des,
Gis-As, Dis-Es, Fis-Ges.
APRESIASI yaitu Totalitas kegiatan yang meliputi
penglihatan, pengamatan, penilaian, dan penghargaan terhadap suatu karya seni.
BIRAMA adalah
ketukan tetap yang berulang-ulang pada sebuah lagu. Contoh birama :
2/4 , 3/4 , 4/4 , 6/8
PADUAN SUARA adalah Penyajian musik vocal yang terdiri
dri 15 orang atau lebih yang memadukan berbagai warna suara menjadi satu
kesatuan yang utuh dan dapat menampakan jiwa lagu yang dibawakan.
JENIS-JENIS PADUAN SUARA :
- Paduan Suara UNISONO yaitu Paduan suara dengan menggunakan satu suara.
- Paduan Suara 2 suara sejenis, yaitu paduan suara yang menggunakan 2 suara manusia yang sejenis, contoh : Suara sejenis Wanita, Suara sejenis Pria, Suara sejenis anak-anak.
- Paduan Suara 3 sejenis S - S – A, yaitu paduan suara sejenis dengan menggunakan suara Sopran 1, Sopran 2, dan Alto.
- Paduan Suara 3 suara Campuran S – A – B, yaitu paduan suara yang menggiunakan 3 suara campuran , contoh : Sopran, Alto Bass.
- Paduan suara 3 sejenis T- T – B, yaitu paduan suara 3 suara sejenis pria dengan suara Tenor 1, Tenor 2, Bass.
- Paduan Suara 4 suara Campuran, yaitu paduan suara yang mengguanakan suara campuran pria dan wanita, dengan suara S – A – T – B. Sopran, Alto, Tenor, Bass.
DIRIGEN / CONDUCTOR adalah orang yang memimpin Paduan Suara.
Syarat-syarat
seorang Dirigen/ Conductor yang baik :
- memiliki sifat kepemimpinan
- memiliki ketahanan jasmani yang tangguh
- sebaiknya sehat jasmani dan rohani
- simpatik
- menguasai cara latihan yang efektif
- memiliki daya imajinasi yang baik
- memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bermain musik.
TANDA DINAMIK
adalah tanda utuk menyatakan keras,
lembutnya sebuah lagu yang dinyanyikan. Contoh-contoh Tanda Dinamik :
1. f : forte = keras
2. ff : fortissimo = sangat keras
3. fff :
fortissimo assai = sekeras mungkin
4. mf : mezzo
forte = setemgah keras
5. fp : forte
piano = mulai dengan keras dan diikuti
lembut
6. p : piano = lembut
7. pp :
pianissimo = sangat lembut
8. ppp :
pianissimo possibile = selembut mungkin
9. mp : mezzo
piano = setengah lembut
PERUBAHAN TANDA DINAMIKA :
- Diminuendo
(dim) : melembut
- Perdendosi : melembut sampai hilang
- Smorzzande : sedikit demi sedikit hilang
- Calando : mengurangi keras
- Poco a poco : sedikit demi sedikit / lambat laun
- Cresscendo : berangsur-angsur keras
- Decrsescendo
: berangsur-angsur lembut
TANDA TEMPO
adalah tanda yang diguakan untuk menunjukan cepat atau lambatnya sebuah lagu
yang harus dinyanyikan. A.TANDA TEMPO CEPAT :
1. Allegro : cepat
2. Allegratto : agak cepat
3. Allegrissimo : lebih cepat
4. Presto : cepat sekali
5. Presstissimo :
secepat-cepatnya
6. Vivase : cepat dan girang
B. TANDA TEMPO SEDANG :
1. Moderato : sedang
2. Allegro moderato : cepatnya
sedang
3. Andante : perlahan-lahan
4. Andantino : kurang cepat
C. TANDA TEMPO LAMBAT :
1. Largo : lambat
2. Largissimo : lebih lambat
3. Largeto : agak lambat
4. Adagio : sangat lambat penuh
perasaan
5. Grave : sangat lambat sedih
6. Lento : sangat lambat
berhubung-hubungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar